Hakim PA Medan Isi Materi Praktek Hukum Acara di FH UISU

Foto untuk : Hakim PA Medan Isi Materi Praktek Hukum Acara di FH UISU

Reporter: Taufiq Ramadhan,SH.,MH

UISU, FH, Hakim Pengadilan Agama Medan Drs. Lisman Lubis,SH.,MH mengisi materi pada mata kuliah praktek hukum acara peradilan agama pada Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera Utara secara daring melalui aplikasi zoom cloud meeting, Sabtu (21/11).

Praktek hukum acara adalah mata kuliah dengan capaian pembelajaran keterampilan khusus yang diambil mahasiswa pada semester VII (tujuh) dengan syarat mahasiswa tersebut wajib menuntaskan mata kuliah hukum acara perdata, hukum acara pidana, hukum acara peradilan agama, hukum acara peradilan tata usaha negara dengan minimal nilai kelulusan adalah “D”. 

Empat mata kuliah Praktik Acara tersebut dikoordinir langsung oleh Ketua Program Studi Fakultas Hukum UISU Maria Rosalina,SH.,M.Hum yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 08.00 – pukul 12.00. 

Hakim Pengadilan Agama Medan Drs. Lisman Lubis,SH.,MH mengisi materi Praktek Hukum Acara Peradilan Agama dengan materi pokok tentang tahapan-tahapan suatu perkara sebelum sidang. 

Dalam paparan ia menuturkan, sebelum lebih jauh membahas apa itu Hukum Acara Peradilan Agama, sebaiknya harus menyamakan persepsi bahwa terdapat banyak kendala yang dihadapi, salah satunya bagi seorang advokat. 

Pada prakteknya, terdapat beberapa advokat yang kurang pengetahuan meski telah melaksanakan pendidikan advokat, tatkala seorang advokat berhadapan dengan praktek, mereka sering keliru dengan ilmu yang berada pada teori (yang didapat saat kuliah) dengan ilmu yang didapat pada prakteknya, berikut tuturnya.

Dikatakannya, kemampuan seorang praktiksi hukum untuk mengisi salah satu materi praktik adalah untuk menyerap segala ilmu dan pengalaman yang didapatnya selama menjabat sebagai seorang Hakim di Pengadilan Agama selain kompetensinya dibidang ilmu hukum.

E-learning
Siakad
E-Journal
Perpustakaan
Sistem Informasi Dosen
Tracert Study
PMB UISU
Flag Counter