Penyuluhan Hukum dan Sosialisasi Hukum F.H UISU : Implementasi & Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat

Foto untuk : Penyuluhan Hukum dan Sosialisasi Hukum F.H UISU : Implementasi & Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat

Medan, www.fh.uisu.ac.id. Hari Rabu, 27-28 November 2019  diselenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Semester Ganjil Tahun Akademik 2019-2020 Program Studi S1 Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera Utara di Desa Bandar Baru kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara.

Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi S1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum UISU merupakan implementasi dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Catur Dharma UISU yaitu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Dakwah Islamiah. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan setelah Ujian Tengah Semester  (UTS) oleh mahasiswa Prodi S1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum UISU yang berada pada Semester akhir dengan lama kegiatan selamat (dua) hari yaitu rabu tanggal 27 November 2019 pukul 08.30 wib s/d kamis tanggal 28 November 2019 pukul 08.30 wib s/d selesai. Beberapa Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi hukum, penyuluhan hukum, advokasi hukum dan melakukan bakti lingkungan masyarakat desa Bandar Baru.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Hukum yakni Bapak Dr.Marzuki,SH.,M.Hum, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Dakwah Islamiah yakni Bapak Dr.Mustamam, M.Ag, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola yakni Ibu Nurasiah,SH.,M.Hum., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan yakni Bapak Drs.Sutarni,M.Hum, Ketua Program Studi dan Sekretaris Prodi, Dosen Pembimbing Lapangan dan Tenaga Kependidikan serta Mahasiswa Semester Akhir sebagai Peserta Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera Utara.

Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum yang dilakukan oleh peserta Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) difokuskan di  Desa Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang dengan titik tempat yaitu Balai Desa Bandar Baru (Peserta Penyuluhan dan Sosialisai Hukum : Masyarakat Desa Bandar Baru dan Tim PKK), SMA Negeri 1 Sibolangit (Peserta Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum : Siswa-Siswa SMA N 1 Sibolangit), SMA Swasta Deli Murni (Peserta Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum : Siswa-Siswi Deli Murni), Remaja Mesjid Al-Hilal, Lembaga Rehabilitasi Narkoba Al Kamal Sibolangit Centre ((Peserta Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum : Masyarakat Binaan), Siswa MTS Al-Hilal.

Materi Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum meliputi : 4 (empat) Pilar Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara, Perkawinan Dini, Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Perlindungan Anak, Narkotika, Hukum Kewarisan Islam, Hukum Perkawinan Islam.

Kepala Desa Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang yakni Bapak Bincar Martinus Sitepu yang diwakili oleh Kaur. Tata Usaha yakni Ibu Roedah dan Kaur. Keuangan yakni Bapak Hosea Tarigan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Hukum UISU dalam kegiatan Pengabdian Kepada Mayarakat karena penyuluhan dan sosialisasi hukum merupakan kegiatan penyebarluasan informasi hukum dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta pengembangan kualitas penyuluhan hukum guna mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat sehingga tercipta budaya hukum dalam bentuk tertib dan taat atau patuh terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku demi tegaknya supremasi hukum

Kontributor Fakultas Hukum UISU : Taufiq Ramadhan,SH.,MH

E-learning
Siakad
E-Journal
Perpustakaan
Sistem Informasi Dosen
Tracert Study
PMB UISU
Flag Counter