Tingkatkan SIJARNO, Fakultas Hukum Lakukan Pelatihan E-Learning

Foto untuk : Tingkatkan SIJARNO, Fakultas Hukum Lakukan Pelatihan E-Learning

Reporter : Taufiq Ramadhan, SH.,MH

UISU, FH – Untuk meningkatkan pemahaman tentang Sistem Pembelajaran Online (SIJARNO), Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melakukan sosialisasi dan pelatihan singkat E-Learning di ruang serbaguna Lantai II Fakultas Hukum UISU Jl. Sisingamangaraja, Kel Teladan Barat, Medan  (01/10/20).

E-Learning atau pembelajaran elektronik sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan melalui pemanfaatan teknologi komputer dan internet. Seseorang yang tidak dapat mengikuti Pendidikan konvensional karena berbagai faktor penyebab, misalnya harus bekerja (time constraint), kondisi fisik yang tidak memungkinkan (physical constraint), daya tampung sekolah konvensional yang tidak memungkinkan (limited availeble seats), phobia terhadap sekolah, putus sekolah, atau karena memang di didik melalui pendidikan keluarga di rumah (home school) dimungkinkan untuk tetap belajar, yaitu melalui E-Learning. Metode Sijarno melalui E-Learning tersebut bermanfaat sebagai metode ajar dimasa pandemi Covid-19 saat ini, yang mewajibkan mahasiswa untuk menerapkan physical distancing dengan cara belajar dari rumah saja.

Sosialisasi dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Hukum UISU Dr. Marzuki, SH.,M.Hum, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Dakwah Islamiah Dr. Mustamam, M.Ag, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola Nurasiah Harahap, SH.,M.Hum, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Drs. Sutarni, M.Hum, Dosen Se-Fakultas Hukum UISU, Sekretaris Prodi Zulhujjain Al Adyan Rangkuti, SH.,M.Kn, Narasumber atau pemateri sosialisasi dan pelatihan E-Learning Ir. Suhaimi (PUSIKOM UISU), Tenaga Kependidikan sebagai operator yang membidangi E-Learning Prodi S1 Taufiq Ramadhan, SH..,MH, Operator yang membidangi E-Learning Prodi S2 Maya Windani,SH.,M.Hum.

“Awalnya Penggunaan E-Learning bersifat opsional atau kondisional. Bersifat opsional atau pilihan karena E-Learning berfungsi sebagai suplemen (tambahan), apabila peserta didik mempunyai kebebasan memilih, apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau menggunakan pembelajaran model konvensional. Namun karena adanya wabah covid-19 penggunaan E-Learning harus dikedepankan karena kondisi yang tidak dimungkinkan untuk tatap muka secara langsung (bersifat kondisional), Sambutan Dr. Marzuki, SH.,M.Hum Dekan Fakultas Hukum UISU

Diharapkan E-Learning ini menjadi suatu sistem pembelajaran yang terintegrasi yang digunakan sebagai penyeragaman pembelajaran dalam jaringan bersifat 1 sistem saja . Pembelajaran dalam jaringan bersifat 1 (satu) sistem dilakukan agar terjadi penyeragaman agar tidak ada perbedaan penggunaan aplikasi yang selama ini digunakan seper Whats App Group, Zoom Cloud Meeting, Google Meet, Google Class Room dan lain sebagainya, Tutupnya.

E-learning
Siakad
E-Journal
Perpustakaan
Sistem Informasi Dosen
Tracert Study
PMB UISU
Flag Counter